Karnaval Budaya HUT SMAN 1 Kaliwungu ke-30


Peringati hari jadi HUT ke-30, Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Kaliwungu menggelar karnaval bertema Pemberdayaan Kesiswaan dan Budi Pekerti Luhur dengan menempuh jarak tiga kilometer yang di mulai start dari Alun-alun Kaliwungu dan finish SMA 1 Kaliwungu, Sabtu (6/1/18).

Sebanyak 1.150 peserta karnaval baik siswa-siswi maupun guru menampilkan berbagai kreatifitasnya masing-masing. Bahkan, ratusan masyarakat terlihat ikut berpartisipasi memadati sepanjang jalan yang dilalui karnaval. Peserta menggunakan pakaian pengantin jawa dan menunggang kuda.
Selain itu, kreatifitas yang dimunculkan peserta didik lainnya, seperti membawa replika bedug, rumah joglo, replika tugu Yogyakarta, burung garuda, dan lain sebagainya. Ada yang berkostum berbentuk bunga matahari, burung cendrawasih, burung merak hingga kostum pakaian yang terbuat dari kantong plastik.



Kepala SMA 1 Kaliwungu, Puji Hastuti mengatakan, karnaval diikuti 1.150 orang dengan total 40 kontingen. Kreatifitas tersebut semuanya dari peserta didik. Karnaval itu sebagai bentuk gelar budaya Indonesia, sehingga tidak sedikit peserta yang menggunakan pakaian adat dari provinsi lain.

“Peserta kami beri kebebasan untuk memunculkan kreatifitasnya. Mulai mengenakan kostum berbagai bentuk hingga membawa replika berupa monumen atau tugu yang menjadi ciri khas masing-masing daerah. Karnaval ini juga kami lombakan. Semua biaya dari peserta didik,” kata dia.